Friday, November 14, 2008

Tips Motor 2T & 4T Mendeteksi Speleng Cakram


Speleng bukan cuma kejadian di ban depan belakang. Piringan atau cakram pasti kena putaran nggak benar. Di Pabrik biasa dideteksi dengan dial-gauge. Untuk Anda yang tidak memiliki alat tersebut dapat menggunakan spidol. Pertama coret garis vertikal. Enggak usah banyak, cukup setengah keliling cakram. Supaya tidak repot jarak garis bikin rapat saja. Sesudah dicoret, putar ban dengan tangan. Biarkan ban sampai berhenti, kemudian lihat kondisi garis. Putaran cakram normal kalau coretan terhapus, berarti terkena gesekan kampas rem. Bila masih ada garis yang tebel, maka putaran cakram tidak normal. Kemudian dicek apakah penyebab cakram speleng, mungkin baut cakram atau kaliper yang bermasalah. Moga- bermanfaat y??

Read More......

Tips Motor 2T & 4T Melumasi Rantai Roda


Banyak yang salah kaprah merawat rantai. Biasanya diolesi pakai oli. Padahal rantai dirancang sampai rusak tidak perlu pelumas lagi. Kecuali motor tidak dilengkapi tutup rantai, sah saja dilumasi. Mengolesi rantai paling efektif 1 minggu dan hanya luarnya saja. Karena putaran rantai, oli nyiprat dan terbuang. Sehingga perlu diolesi lagi setiap minggu. Untuk membuat gemuk bisa masuk ke dalam rol rantai. Pertama rebus gemuk hingga 100c sampai cair. Diharapkan gemuk bisa melewati celah yang kecil. Memang sih pabrik rantai menggunakan gemuk khusus dan pemanasan sampai 200c. Kemudian rendam rantai selama sepuluh menit biar cairan meresap di setiap celah. Setelah direndam sebelum titik beku gemuk menggumpal, angkat rantai lalu keringkan. Setelah mengering rantai siap dipasang dengan rol penuh gemuk. Read More......